Wednesday, November 20, 2013

Belajar java Mobile 4 (Layar Splash)


BELAJAR JAVA MOBILE 4 (NETBEANS)
( Membuat Layar Splash )

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai... sobat, kali saya akan melanjutkan share Java Mobile dengan netbeans sekarang tentang bagaimana membuat layar splash, ok kita langsung saja... step-stepnya hampir sama dengan posting sebelumnya jika kurang jelas tinggal buka kembali Belajar Java Mobile 3 

Pertama-tama marilah kita membaca Basmallah terlebih dahulu agar semua bisa lancar, amiin... hehe.... ya gak??
Ok selanjutnya siapkan terlebih dahulu gambar yang akan agan tampilkan usahakan tipe filenya .png ya, kalau gak yang penting file tidak terlalu besar agar tidak terlalu berat dan lama ketika running, saya disini menggunakan gambar.png.
Setelah mendapatkan gambarnya Seperti cara sebelumnya kita buka terlebih dahulu NetBeans IDE untuk memulainya, dengan doubble klik pada icon netbeans bisa juga klik kanan kemudian open.


Pilih File >> New Project

Pilih Java ME >> Mobile Application kemudian Next

Berinama project dengan netbeans4 kemudian Browse pilih tempat penyimpanan project aplikasinya jangan lupa hilangkan tanda centang pada Create Hello MIDlet kemudian Next

Pilih CLDC-1.0 dan MIDP-2.0 kemudian Next>>Finish bisa juga langsung Finish

Setelah Membuat Project selesai, Klik Kanan Source Packages pilih New >> MIDlet
Beri nama MIDlet di MIDlet Name : LayarSpalsh kemudian Finish

Kemudian Buka LayarSpalsh.java
Ketikkan listing dibawah ini, Silahkan tinggal copas :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import java.io.IOException;

public class LayarSplash extends MIDlet
implements CommandListener {
   
    private Display display;
    private Form form;
    private Image image;
    private Alert splash;
   
    private final Command CmdKeluar = new Command ("Keluar", Command.EXIT,1);
   
    public LayarSplash(){
        display = Display.getDisplay(this);
        form = new Form ("Demo Splash");
        image = null;
        try {
            image = Image.createImage ("/gambar.jpg");
        } catch (IOException ioe){
            ioe.printStackTrace();
        }
            splash = new Alert (null, " Inisialisasi proses ..", image, null);
            splash.setTimeout (2000);
            form.addCommand (CmdKeluar);
            form.setCommandListener(this);           
        }

    public void startApp() {
        display.setCurrent(splash, form);
    }
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
   
    public void commandAction (Command c, Displayable s){
        if (c== CmdKeluar){
            destroyApp(false);
            notifyDestroyed();
        }
    }
}

Setelah selesai coding, jangan lupa masukkan gambar yang telah kita pilih sebelumnya kedalam folder src yang ada didalam folder project netbean, disini saya menyimpan di folder LayarSplash (nama Project) >> src.

Jika sudah masuk gambarnya di folder src tinggal diRunning deh...
Selesai.... selamat mencoba! Tetap semangat NewGen....
Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment