BELAJAR JAVA MOBILE 3
(NETBEANS)
( Menampilkan Gambar )
Salam semua... yuk kita
lanjutin belajar Java Mobilenya, kali ini saya akan mengshare tentang bagaimana
cara menampilkan gambar dalam netbeans (Aplikasi Java Mobile).
Pertama siapkan
terlebih dahulu gambar yang akan agan tampilkan usahakan tipe filenya .png ya,
kalau gak yang penting file tidak terlalu besar agar tidak terlalu berat dan
lama ketika running, saya disini menggunakan gambar.png.
Setellah mendapatkan
gambarnya Seperti cara sebelumnya kita buka terlebih dahulu NetBeans IDE untuk
memulainya, dengan doubble klik pada icon netbeans bisa juga klik kanan
kemudian open.
Pilih File >> New Project
Pilih Java ME >> Mobile Application kemudian
Next
Berinama project dengan netbeans3 kemudian Browse
pilih tempat penyimpanan project aplikasinya jangan lupa hilangkan tanda
centang pada Create Hello MIDlet kemudian Next
Pilih CLDC-1.0
dan MIDP-2.0 kemudian
Next>>Finish bisa juga langsung Finish
Setelah Membuat Project selesai, Klik Kanan Source
Packages pilih New >> MIDlet
Tulis nama MIDlet di MIDlet Name : latihan3 kemudian
Finish
Kemudian Ketikkan listing dibawah ini, Silahkan tinggal
copas :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import java.io.IOException;
public class latihan3 extends MIDlet
implements
CommandListener {
private
Display display;
private
CanvasGambar canvas;
private
final Command CmdKeluar = new Command ("Keluar", Command.EXIT,1);
public
latihan3(){
display = Display.getDisplay(this);
canvas
= new CanvasGambar (this);
canvas.addCommand(CmdKeluar);
canvas.setCommandListener(this);
}
public
void startApp() {
display.setCurrent(canvas);
}
public
void pauseApp() {
}
public
void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public
void commandAction(Command c, Displayable s) {
if (c
== CmdKeluar) {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}
class
CanvasGambar extends Canvas {
private latihan3 midlet;
private Image image = null;
public
CanvasGambar (latihan3 midlet) {
this.midlet = midlet;
try {
image = Image.createImage ("/gambar.png");
}catch(IOException ioe){
ioe.printStackTrace();
}
}
public
void paint (Graphics g) {
g.setColor(255,255,255);
g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
g.setColor(0,0,255);
g.drawString("New Generation",50,0, g.LEFT | g.TOP);
g.drawImage (image, 25, 20, g.LEFT | g.TOP);
}
};
}
Setelah selesai coding, jangan lupa masukkan gambar
yang telah kita pilih sebelumnya kedalam folder src yang ada didalam folder
project netbean, disini saya menyimpan di folder netbeans3 (nama Project)
>> src. Lihat gambar di bawah.
Selesai....
Diatas adalah tampilan emulatornya... selamat
mencoba!
No comments:
Post a Comment