Thursday, November 7, 2013

Belajar Java Mobile 3 (NetBeans)


BELAJAR JAVA MOBILE 3 (NETBEANS)
( Menampilkan Gambar )


Salam semua... yuk kita lanjutin belajar Java Mobilenya, kali ini saya akan mengshare tentang bagaimana cara menampilkan gambar dalam netbeans (Aplikasi Java Mobile).
Pertama siapkan terlebih dahulu gambar yang akan agan tampilkan usahakan tipe filenya .png ya, kalau gak yang penting file tidak terlalu besar agar tidak terlalu berat dan lama ketika running, saya disini menggunakan gambar.png.
Setellah mendapatkan gambarnya Seperti cara sebelumnya kita buka terlebih dahulu NetBeans IDE untuk memulainya, dengan doubble klik pada icon netbeans bisa juga klik kanan kemudian open.


Pilih File >> New Project
Pilih Java ME >> Mobile Application kemudian Next

Berinama project dengan netbeans3 kemudian Browse pilih tempat penyimpanan project aplikasinya jangan lupa hilangkan tanda centang pada Create Hello MIDlet kemudian Next

Pilih CLDC-1.0 dan MIDP-2.0 kemudian Next>>Finish bisa juga langsung Finish
Setelah Membuat Project selesai, Klik Kanan Source Packages pilih New >> MIDlet

Tulis nama MIDlet di MIDlet Name : latihan3 kemudian Finish

Buka latihan3.java
Kemudian Ketikkan listing dibawah ini, Silahkan tinggal copas :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import java.io.IOException;

public class latihan3 extends MIDlet
    implements CommandListener {
    private Display display;
    private CanvasGambar canvas;
   
    private final Command CmdKeluar = new Command ("Keluar", Command.EXIT,1);

    public latihan3(){
        display = Display.getDisplay(this);
        canvas = new CanvasGambar (this);
        canvas.addCommand(CmdKeluar);
        canvas.setCommandListener(this);
    }   
   
    public void startApp() {
        display.setCurrent(canvas);
    }
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
   
    public void commandAction(Command c, Displayable s) {
        if (c == CmdKeluar) {
            destroyApp(false);
            notifyDestroyed();
        }
    }
   
    class CanvasGambar extends Canvas {
        private latihan3 midlet;
        private Image image = null;
          
    public CanvasGambar (latihan3 midlet) {
        this.midlet = midlet;
        try {
            image = Image.createImage ("/gambar.png");
         }catch(IOException ioe){
            ioe.printStackTrace();
        }
       }
    public void paint (Graphics g) {
        g.setColor(255,255,255);
        g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
        g.setColor(0,0,255);
        g.drawString("New Generation",50,0, g.LEFT | g.TOP);
        g.drawImage (image, 25, 20, g.LEFT | g.TOP);
        }
    };
}

Setelah selesai coding, jangan lupa masukkan gambar yang telah kita pilih sebelumnya kedalam folder src yang ada didalam folder project netbean, disini saya menyimpan di folder netbeans3 (nama Project) >> src. Lihat gambar di bawah.


Jika sudah masuk gambarnya di folder src tinggal diRunning deh...

Selesai....
Diatas adalah tampilan emulatornya... selamat mencoba!








No comments:

Post a Comment