Wednesday, December 4, 2013

Masalah ‘ODBC Acces Driver’ Windows7 64 bit


Hallo, Kawan.. Kali ini saya mau share lagi nih. Tapi bukan tentang java atau Netbeans. Tapi tentang masalah ODBC Access Driver yang bermasalah pada Windows 7 Home Basic 64 bit. Sebenernya ini juga masalah yang pernah saya hadapi ketika saya belajar membuat Database ODBC. Kenapa ODBC Access Driver nya katanya belum terinstall? Padahal biasanya itu bawaan dari OS nya atau pun dari Office nya.

Seperti ini kasusnya. Pas saya mau Add, malah drivernya cuma ada satu, ya cuma itu.


Saat Configure di Ms Access Database nya, malah muncul pesan seperti ini


Ada yang bilang Katanya Driver ODBC tidak bisa di 64Bit, Saya penasaran akhirnya saya coba minta bantuan si Embah... akhirnya ketemu jg, seperti dibawah ini langkahnya :
Langkah-langkahnya:
  1. Buka Control Panel, kemudian pilih Administrative Tools.

2.  Klik kanan pada Data Source (ODBC), pilih Properties.

3. Pada tab Shortcut, kolom Target di ganti dengan %windir%\syswow64\odbcad32.exe.

  1. Kemudian, pada kolom Start in, di ganti dengan %windir%\syswow64.
  2. Klik Apply, lalu biasanya muncul sebuah message box, pilih Continue 

Selesai. Coba kita cek di Data Source (ODBC). Pas di klik Add, akan banyak nama drivernya.

Jika masih belum bisa, open dengan Run Administrator pada Administrasi toolsnya... selamat mencoba
Salam newGen!!!

No comments:

Post a Comment