BELAJAR JAVA MOBILE 2
(NETBEANS)
Hello.. kawan bloger
masih bersama saya disini... come on kita belajar java mobile lagi, sekarang
kita akan membahas tentang Java Mobile 2 yang pada posting sebelumnya kita Belajar Java Mobile 1.. kali ini kita akan mencoba belajar dan share membuat
ticker (pesan berjalan pada Netbeans) yuk.. langsung ke TKP.. hehe
Pertama agan harus
punya software netbeansnya terlebih dahulu download netbeansnya, search ja ke
mbah google... saya disini menggunakan
netbean7.1.1
Seperti cara sebelumnya
kita buka terlebih dahulu NetBeans IDE untuk memulainya, dengan doubble klik
pada icon netbeans bisa juga klik kanan kemudian open
Pilih File >> New Project
Pilih Java ME >> Mobile Application kemudian
Next
Berinama project dengan netbeans2 kemudian Browse
pilih tempat penyimpanan project aplikasinya jangan lupa hilangkan tanda
centang pada Create Hello MIDlet kemudian Next
Pilih CLDC-1.0
dan MIDP-2.0 kemudian
Next>>Finish bisa juga langsung Finish
Setelah Membuat Project selesai, Klik Kanan Source
Packages pilih New >> MIDlet
Tulis nama MIDlet di MIDlet Name : Latihan2 kemudian
Finish
Buka Latihan2.java akan muncul seperti di bawah
Kemudian Ketikkan listing dibawah ini tinggal copas
:
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class Latihan2 extends MIDlet
implements
CommandListener {
private
Display display;
private
Form form;
private
Ticker ticker;
private
StringItem si;
private
String teksTicker = "Pesan yang dimunculkan sebagai ticker ...";
private
String isiLayar = "Aplikasi ini menunjukan bagaimana cara " +
"Membuat ticker sederhana";
private
final Command cmdKeluar = new Command ("Keluar",Command.EXIT,1);
public Latihan2(){
display =
Display.getDisplay(this);
}
public
void startApp() {
form =
new Form("Ticker Sederhana");
ticker
= new Ticker(teksTicker);
form.setTicker(ticker);
si =
new StringItem(null, isiLayar);
form.append(si);
form.addCommand(cmdKeluar);
form.setCommandListener(this);
display.setCurrent(form);
}
public
void pauseApp() {
}
public
void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public
void commandAction(Command c, Displayable s) {
if
(c==cmdKeluar){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}
}
Kemudian pilih Run
Selesai....
Cukup sekian share kali ini semoga bisa menambah
ilmu agan-agan sekalian... salam NewGen.. !
thank you, arigatou gozaimasu
ReplyDelete