Thursday, January 23, 2014

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Dapat Booting Tanpa Instal Ulang

Assalamualaikum Wr. Wb. 


Salam New Gen, berawal dari pengalaman saya yang pernah mengalami error pada saat booting di Laptop saya gara-gara saya format OS Linux yang saya instal Dual Booting, eh... ternyata itu berpengaruh juga terhadap bootingnya akhirnya saya cari-cari solusi ke mbah google caranya seperti dibawah ini.
1. Cara terbaik untuk memperbaiki masalah Gagal Booting "Error Loading Operating System" adalah dengan bantuan dari Windows 7 Startup RecoveryBoot dari Windows 7 DVD dan kliK "Repair Computer "



Atau memasukkan Recovery Disk Startup ke drive dan jalankan Startup Recovery. Klik pilihan Install Now

2. berikutnya dengan pilihan untuk memilih bahasa Anda, Metode Input Keyboard dan Pengaturan Waktu. Pilih pilihan yang sesuai dari pilihan yang tersedia dan klik Next.
3. Mengklik tombol Next. Pilih Command Prompt

4. Anda dapat memilih salah satu dari dua pilihan diatas. Anda bisa memilih mengembalikan sistem anda ke kondisi sebelumnya (System Restore) atau Anda dapat memilih untuk memulihkan masalah sistem anda, saat Anda mengalami masalah "Startup Repair".

5. Mengklik tombol Next akan muncul Layar Command Prompt. Direktori default: \ Windows \System32



6. Jalankan perintah diskpart dari lokasi ini. Anda akan ditampilkan sejumlah daftar semua volume yang tersedia di Sistem, jenis mereka 6. Jalankan perintah  diskpart  dari lokasi ini. Anda akan ditampilkan sejumlah daftar semua volume yang tersedia di Sistem, jenis mereka dan status mereka bersama dengan ukuran mereka.


7. Sekarang beralih ke CD / DVD drive. Dalam kasus saya itu G: \ sehingga perintahnya itu G:, maka boot cd (lihat gambar di bawah). Setelah Anda mengubah ke direktori G: \ boot, melihat informasi direktori drive dengan perintah "DIR '. Drive ini akan berisi sebuah file bernama Bootsect.exe.

Enter G: 

Enter cd boot 

Enter dir


 

8. Tulis perintah seperti yang ditunjukkan dalam Screenshot di bawah ini dan Anda akan mengembalikan dan memperbaiki bootcode BOOTMGR :


bootsect / NT60 SYS / mbr



Setelah Anda mendapatkan bootsect.exe yang telah dieksekusi,"error loading operating system " akan hilang.


NB: Alternatif
       
Boot komputer sobat dari cd installasi windows 7.
    Pilih opsi "Repair your computer".
    Pilih opsi "Command Prompt".
    Ketikan "bootsect.exe /nt60 c:" (tanpa tanda petik).
    Lakukan restart.

Jika masih belum berhasil coba ganti command prompt nya sebagai berikut :

    bootsect.exe /nt60 all

SEMOGA BERMANFAAT.....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment